18 April 2023

CATAT! PENDAKIAN GUNUNG ARJUNO WELIRANG TUTUP MULAI H-2 IDUL FITRI 1444 H

Dengan adanya pengumuman ini, para pendaki yang ingin menjelajah ke Gunung Arjuno Welirang pun diharap bersabar. Jalur pendakian akan dibuka kembali setelah lebaran sesuai dengan pengumuman resmi dari pengelola.

Sekilas Tentang Wisata Pendakian Gunung Arjuno, Kedua Tertinggi Setelah Semeru Gunung Arjuno sendiri memang menjadi salah satu gunung di Jawa Timur yang cukup sering didaki oleh para pegiat pecinta alam. Gunung setinggi 3339 Mdpl ini berada dibawah naungan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Lokasinya yang dekat dengan kota Malang, Batu, Pasuruan dan Mojokerto menjadikan kawasan ini sangat mudah dijangkau dari arah manapun.

Dari ketinggiannya, Gunung Arjuno menempati posisi kedua gunung tertinggi di Jawa Timur, setelah gunung Semeru. Di pulau Jawa, Gunung Arjuno menempati peringkat empat setelah gunung lainnya.

Gunung ini kerap didaki melalui tiga titik jalur pendakian. Yakni jalur pendakian Lawang, Batu, dan jalur Tretes. Lokasinya pun bersebelahan dengan gunung lainnya, yakni Gunung kembar I dan II, serta gunung Welirang. Oleh karena itu, banyak pendaki yang kerap menyebutnya Arjuno-Welirang.

Dengan banyaknya medan menantang dan cerita seram di sepanjang jalur pendakian, tak heran banyak pendaki yang ingin mendaki ke sana. Walau begitu, keindahan alam yang ada di Gunung Arjuno sudah tak perlu diperdebatkan lagi.

Asal kata Arjuno sendiri adalah tokoh dari pewayangan, yakni Arjuna, sehingga dalam lidah masyarakat jawa kemudian disebut sebagai Arjuno.

Selain menjadi destinasi wisata, Gunung Arjuno juga punya peran penting dalam menjaga kelestarian alam dan cadangan air tanah. Di lereng Arjuno, terdapat sumber mata air yang menjadi sumber air sungai terbesar di Jawa Timur, yakni Sumber Brantas.

Keluarnya pengumuman penutupan jalur pendakian tersebut tentu membuat para pendaki wajib bersabar. Apalagi di momen lebaran 2023, dapat diisi dengan kegiatan bersama keluarga dan silaturahmi.