17 Mei 2022

PEMBINAAN GENERASI MUDA PECINTA ALAM

Salah satu cara menjaga kawasan Tahura Raden Soerjo dapat dilakukan melalui pencegahan perusakan ekosistem oleh masyarakat di sekitar kawasan. Sejalan dengan maksud tersebut UPT Tahura Raden Soerjo melakukan upaya pembinaan generasi muda pecinta alam dengan melakukan pendidikan cinta lingkungan. Melalui Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk karakter diri dengan pendidikan lingkungan di kalangan pelajar yang nantinya dapat menjadi agen-agen untuk menyebarluaskan dan mengajak orang-orang di sekitar mereka untuk dapat lebih mencintai lingkungan.

Kegiatan ini difokuskan untuk memberikan arahan dan mengembangkan wawasan generasi muda melalui sekolah-sekolah. Adapun sekolah yang terlibat yaitu SMPN 1 Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Dengan adanya pembinaan generari muda pecinta alam bertujuan untuk lebih menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan serta memberikan pemahaman agar senantiasa berpegang pada dasar-dasar konservasi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berkegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 ini melibatkan Penyuluh Kehutanan, Pengendali Ekosistem Hutan dan Polisi Kehutanan lingkup UPT Tahura Raden Soerjo untuk turut serta berbagi pengetahuan, pengalaman dan mendorong peserta untuk sadar konservasi dalam kehidupan sehari-hari.

Pemateri pembinaan generasi muda pecinta alam berjumlah 5 orang dari lingkup Tahura Raden Soerjo, antara lain adalah pengetahuan tentang Tahura Raden Soerjo, Potensi Flora di Tahura Raden Soerjo, Potensi Fauna di Tahura Raden Soerjo, Manfaat Pohon dan Rantai Makanan.

Keberadaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo akan dapat terjaga dan lestari dengan adanya masyarakat – masyarakat yang sadar konservasi yang berada disekitar kawasan tahura. Hal ini dikarenakan keterbatasan sumberdaya yang ada di Tahura Raden Soerjo sehingga dibutuhkan peran aktif dari masyarakat disekitar kawasan. Kegiatan pembinaan generasi muda pecinta alam bagi pelajar di kawasan Tahura Raden Soerjo diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan semangat cinta lingkungan terhadap kawasan tahura. Dari peserta diharapkan muncul cikal bakal agen konservasi yang dapat membantu menyebarluaskan arti penting Tahura Raden Soerjo.

Awesome Image
Awesome Image