24 Juni 2022

PEMBINAAN GENERASI MUDA PECINTA ALAM DI SMP NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

Pada tanggal 24 Juni 2022 UPT Tahura Raden Soerjo melaksanakan pembinaan generasi muda pecinta alam di SMP Negeri 1 Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini merupakan upaya Tahura Raden Soerjo dalam menjaga kawasan dan pencegahan perusakan ekosistem oleh masyarakat di sekitar kawasan. Melalui generasi muda, khususnya siswa sekolah diharapkan dapat membantu menyebarluaskan dan mengajak orang di sekitarnya untuk mencintai lingkungan serta memberikan pemahaman tentang dasar-dasar konservasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini melibatkan Penyuluh Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan lingkup Tahura Raden Soerjo untuk turut serta berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang konservasi kepada siswa. Materi pembinaan generasi muda pecinta alam antara lain adalah pengetahuan tentang Tahura Raden Soerjo, Potensi Flora dan Fauna di Tahura Raden Soerjo, serta pemanfaatan air. Keberadaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo akan dapat terjaga dan lestari dengan adanya masyarakat – masyarakat yang sadar konservasi yang berada disekitar kawasan tahura. Hal ini dikarenakan keterbatasan sumberdaya yang ada di Tahura Raden Soerjo sehingga dibutuhkan peran aktif dari masyarakat disekitar kawasan. Kegiatan pembinaan generasi muda pecinta alam bagi pelajar di kawasan Tahura Raden Soerjo diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan semangat cinta lingkungan terhadap kawasan tahura. Dari peserta diharapkan muncul cikal bakal agen konservasi yang dapat membantu menyebarluaskan arti penting Tahura Raden Soerjo.

Selain pemberian materi, Tahura Raden Soerjo juga melakukan perjanjian kerja sama dengan SMP Negeri 1 Gondang sebagai upaya tindak lanjut hasil koordinasi. Sehingga pembinaan generasi muda pecinta alam di SMP Negeri 1 Gondang dapat terus berlanjut.