21 Desember 2022

SI CANTIK GASTRODIA BAMBU, ANGGREK HANTU DI TAHURA RADEN SOERJO

Berwarna coklat tua, anggrek cantik ini bunganya berbentuk seperti lonceng dan batangnya berwarna kekuningan , Gastrodia bambu adalah anggrek tak berdaun yang tidak terlihat mencolok karena warnanya yang gelap dibawah teduh dan lembabnya rerimbunan bambu yang tidak tertembus sinar matahari.

Anggrek ini ditemukan pertama kali di dalam kawasan Tahura Raden Soerjo yang masuk dalam gugusan pegunungan Anjasmoro Utara pada bulan Juni 2021.

Anggrek Gastrodia bambu termasuk dalam kelompok anggrek holomikotropik, merupakan tumbuhan yang tidak berklorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis, namun tidak bersifat parasit. Para peneliti anggrek sering menyebutnya sebagai anggrek hantu (ghost orchid). Penyebutan ini merujuk pada kemunculannya yang tidak terduga dan tanpa daun.

Menurut peneliti Gastrodia bambu diduga memerlukan kondisi ekologi yang sangat spesifik untuk pertumbuhannya dan sensitif terhadap perubahan lingkungan, sehingga gangguan pada habitatnya, seperti pembukaan rumpun bambu, diduga akan dapat mengganggu pertumbuhan dan populasinya.