16 Maret 2023

PERINGATAN HARI DESA ASRI NUSANTARA DI OBJEK WISATA ALAM CLAKET

Dalam rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023, pada tanggal 15 Maret 2023 UPT Tahura Raden Soerjo turut serta dalam kegiatan gerakan penanaman pohon serentak yang diselenggarakan di Objek Wisata Alam Claket, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya penyuluh kehutanan, polisi kehutanan, pengendali ekosistem hutan dan relawan TRC Tahura.

Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT melalui keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 tentang Hari Desa, guna mengingatkan kita tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah), meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim, dan mengurangi resiko bencana di desa.

Jenis bibit yang ditanam dalam kegiatan ini adalah Alpukat Hutan (Persea americana), Gempur (Ruellia napifera) , Mbulu (Ficus flavescens) , Jambu Alas (Syzygium densiflorum), Gondang (Ficus variegata), Salam (Syzygium polyanthum), Jerukan, Treteh, Tutup (Macaranga tanarius), Lo (Ficus racemosa), Tanganan (Schefflera polybotrya) dan Dampul (Ficus lepicarpa) berjumlah 150 bibit.

Dengan adanya kegiatan penanaman seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di desa penyangga untuk turut serta menanam pohon di lingkungan sekitarnya.