26 Juli 2023

BUKIT CENDONO, DESTINASI WISATA PENDAKIAN BARU DI MOJOKERTO

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo kembali membuka destinasi wisata alam baru. Kali ini, Tahura Raden Soerjo membuka wisata pendakian Bukit Cendono yang berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Adapun pembukaan pendakian Bukit Cendono akan dilakukan pada Sabtu, 29 Juli 2023. Bukit Cendono sendiri memiliki ketinggian 1.131 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan estimasi waktu pendakian hingga puncak sekitar dua sampai tiga jam perjalanan.

Bukit Cendono yang berlokasi di Desa Kemiri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ini memiliki beberapa destinasi, seperti kali pikatan, camp ground, sunrise view, dan puncak Cendono.

Untuk bisa melakukan pendakian ke bukit ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 11.000 per orang sudah termasuk asuransi. Adapun pembelian tiket dan pendaftaran untuk saat ini bisa dilakukan secara langsung di tempat.

“Bukit Cendono menyuguhkan keindahan gugusan pegunungan Anjasmoro, dengan ketinggian 1.131 Mdpl. Bukit Cendono termasuk ke dalam Kawasan Pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, sehingga masih termasuk ke dalam kawasan konservasi,” tulis akun instagram resmi Tahura Raden Soerjo (@tahuraradensoerjo.official).

Sebagai informasi, jalur pendakian Bukit Cendono terdiri dari basecamp Cendono, Pos I (Kali Pikatan), Pos II (Mudhal), Pos III (Kolometo), camp Bukit Cendono, dan Puncak Cendono.